PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PENGALAMAN MENGESANKAN MENGGUNAKAN MEDIA FOTO KENANGAN BAGI SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 TOROH SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Ahmad Nurhamid
Keywords: menulis pengalaman mengesankan, media foto kenangan

Abstract

Bahasa Jawa merupakan bahasa ibu para siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Toroh. Sebagai bahasa yang merupakan bahasa ibu seharusnya menulis pengalaman mengesankan dengan menggunakan bahasa Jawa ngoko bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi pada kenyataannya, sebagian besar siswa merasa kesulitan. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa pada prasiklus yang kurang memuaskan. Selain itu, pembelajaran berlangsung kurang efektif. Siswa merasa kesulitan untuk memulai menulis sehingga waktu berjalan kurang produktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara teoretik pembelajaran dengan menggunakan media foto kenangan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pengalaman mengesankan pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Toroh semester gasal tahun 2016/2017. Hasil akhir tindakan tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 24,77 dari kondisi prasiklus.

Kata kunci: menulis pengalaman mengesankan, media foto kenangan

Author Biography

Ahmad Nurhamid

Editor in Chief: Dr. Sugeng Purwanto, MA.

Executive Editor (Off-line): Drs. Liliek Soepriatmadji, M.Pd. (Lay out)

Executive Editor (On-line): Bambang Sudarsono, SE., MM. (Upload)

Reviewers:

  1. Prof. Dr. Sukarno, M.Si. (Universitas Negeri Tidar Magelang)
  2. Endang Yuliani Rahayu, S.S, M.Pd. (Universitas Stikubank Semarang)
  3. Dr. Katharina Rustipa, M.Pd. (Universitas Stikubank Semarang)

References

Ameranani, Ari Fajar. 2012. Pemakaian Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jurangjero 3 Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Sebelas Maret

Djiwandono, Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB Bandung.

Indriati, Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia

Kumala Dewi, Desy. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Metode Peta Konsep Rantai Kejadian Melalui Media Benda Kenangan pada Siswa Kelas VII C SMPN 1 Mejobo Kudus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Kurniawati, Nofita. 2013. Peningkatan Keterampilan Menceritakan Pengalaman Pribadi dengan Model Inkuiri Terpimpin Berpasangan sebagai Penumbuhkembangan Karakter Siswa Kelas VII B SMPN 2 Sukorejo. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Mulyati, Yeti. ----------. Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Modul. Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryanto, Edy. 2013. Workshop Penlitian Tindakan Kelas (PTK) Bahasa Daerah. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Universitas Sebelas Maret.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa.

Wijiati. 2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Media Foto dengan Metode Peta Pikiran pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Kudus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Published
2017-02-12
How to Cite
Nurhamid, A. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PENGALAMAN MENGESANKAN MENGGUNAKAN MEDIA FOTO KENANGAN BAGI SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 TOROH SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Dinamika Bahasa Dan Budaya, 12(1), 8-17. https://doi.org/10.35315/bb.v12i1.4739
Section
Articles