PREFERENSI MAHASISWA FBIB-UNISBANK DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTI-MEDIA: UPAYA PENGEMBANGAN E-LEARNING
Abstract
Penelitian ini lebih merupakan survei sederhana guna menjajaki preferensi mahasiswa terhadap penggunaan multimedia sebagai tindak lanjut tersedianya LCD viewer dan komputer di setiap kelas FBIB UNISBANK. Data diambil melalui penyebaran angket kepada mahasiswa FBIB yang diambil secara acak dari berbagai angkatan sebanyak 100 orang mahasiswa. Angket berisi seperangkat pilihan jenis software presentasi multi-media hasil olah power point atau lainnya dari mana mahasiswa diminta memilih dengan skala prioritas. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan model proporsi (prosentase) agar dapat diketahui mayoritas preferensi mahasiswa. Dengan diketahui preferensi mahasiswa pada model pembelajaran dengan multi-media, diharapkan dosen dapat dengan tepat mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan mahasiswa sehingga peralatan multi-media yang telah terpasang dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam rangka pengembangan E-Learning untuk semua mata kuliah di lingkngan FBIB-UNISBANK
Kata kunci: preferensi, perbedaan individu, multi-media, e-learning
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.