Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menerapkan Pasangan Aksara Jawa Menggunakan Media Kartu Aksara Jawa Bagi Siswa Kelas VII H SMP Negeri 1 Toroh Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Sebagai bahasa yang merupakan bahasa ibu para siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Toroh, seharusnya mata pelajaran bahasa Jawa bukanlah mata pelajaran yang sulit. Akan tetapi pada kenyataannya, sebagian besar siswa menganggap mata pelajaran tersebut cukup sulit. Salah satu materi yang kerap dianggap sulit oleh para siswa adalah materi yang berkaitan dengan aksara Jawa, baik itu menulis maupun membaca. Seringkali ditemukan kesalahan-kesalahan siswa dalam menulis aksara Jawa terutama dalam hal penerapan pasangan aksara Jawa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara teoretik pembelajaran dengan menggunakan media kartu aksara Jawa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan pasangan aksara Jawa pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Toroh semester genap tahun 2015/2016. Hasil akhir tindakan tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata ulangan harian sebesar 31% dari kondisi awal dan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 121% dari kondisi awal.
Kata kunci: aksara Jawa, pasangan, kartu aksara Jawa
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.