Slurred Speech Disorder in 5-Year-Old Child A Psycholinguistic Study

  • Emia Annisa Br Ginting Universitas Sumatera Utara
  • Firda Elisa Universitas Sumatera Utara
  • Hillya Mahzarina Universitas Sumatera Utara
  • Syahputri Mariani Hasibuan Universitas Sumatera Utara
  • Uswatun Hasanah Subekhi Universitas Sumatera Utara
  • Gustianingsih Gustianingsih Universitas Sumatera Utara
  • Siti Ayu Nurhidayati Universitas Sumatera Utara

Abstract

Gangguan bahasa dan bicara merupakan salah satu jenis gangguan perkembangan yang sering ditemukan pada seorang anak. Gangguan ini meliputi berbagai masalah seperti kesulitan artikulasi, gangguan suara, gangguan kelancaran bicara (seperti bicara cadel), afasia (kesulitan menggunakan kata-kata yang biasanya disebabkan oleh cedera otak), dan keterlambatan dalam berbicara atau keterampilan berbahasa. Penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan teori Psikolinguistik, dimana ditemukan perubahan bunyi fonologis. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah keterampilan berbahasa pada anak usia lima tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berbahasa pada anak usia lima tahun dengan gangguan bicara cadel dan menganalisis perubahan bunyi yang terjadi pada anak usia lima tahun dengan gangguan bicara cadel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya gangguan berbahasa berupa ketidakmampuan mengartikulasikan fonem tertentu dengan jelas. Selain itu juga ditemukan penghilangan fonem tertentu.

Keywords: Slurred speech, Psycholinguistics, Phonology

Published
2025-08-05
How to Cite
Br Ginting, E., Elisa, F., Mahzarina, H., Hasibuan, S., Subekhi, U., Gustianingsih, G., & Nurhidayati, S. (2025). Slurred Speech Disorder in 5-Year-Old Child A Psycholinguistic Study. Dinamika Bahasa Dan Budaya, 20(2), 57-66. https://doi.org/10.35315/bb.v20i2.10229