IbM Puskesmas di Kabupaten Demak: Pengembangan Sistem Informasi Puskesmas dalam Usaha Peningkatan Pelayanan Bidang Kesehatan Masyarakat

  • Siti Munawaroh

Abstract

Puskesmas merupakan garda terdepan dalam kesehatan masyarakat, khususnya Puskesmas yang ada di Kabupaten Demak yaitu Puskesmas Mranggen II dan III. Puskesmas Mranggen II dan III terdapat beberapa bagian, antara lain bagian Balai Pengobatan (BP) yang khusus menangani orang sakit biasa, bagian Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang khusus menangani bayi dan ibu hamil, bagian Gigi yang khusus menangani kesehatan gigi dan mulut, dan masih banyak lagi bagian lainnnya. Tujuan dari Ipteks Bagi Masyarakat (IbM) ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan tentang Simpuskesmas, instalasi Simpuskesmas dan Manajemen operasi layanan pasien dan pemeliharaan hardware dan software untuk Simpuskesmas. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pada staff administrasi di Puskesmas tentang Sistem Informasi Manajemen Puskesmas dengan menggunakan Sistem informasi Manajemen Puskesmas berbasis komputer yang dilaksanakan di puskesmas Mranggen II dan III Kabupaten Demak. IbM juga memberikan penjelasan tentang manajemen operasionallayanan pasien dan pembuatan instalasi Simpuskesmas. Hasil dari IbM ini adalah meningkatnya manajemen layanan pasien, meningkatnya produktifitas SDM yang terdapat di Puskesmas dan meningkatnya sistem administrasi dari sisi kecepatan proses dan pelaporan.
Published
2013-12-01
Issue
Section
Articles